Saturday, November 23, 2013

TIPS MENINGKATKAN KECEPATAN AKSES INTERNET


Secara default windows mengalokasikan/ menggunakan 20% dari bandwith untuk memprioritaskan proses pemeriksaan konvigurasi hardware komputer dan proses update otomatis. Apabila anda tidak mengaktifkan proses update secara otomatis, maka anda bisa memanfaatkan/ memakai 20% bandwith tersebut untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet.

Di bawah ini adalah tips yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet anda. Perlu anda ketahui bahwa tips ini hanya dapat berfungsi maksimal di Windows 2000 dan Windows XP Profesional.
1. Klik Start-->Pilih Run (tombol windows +R) -->kemudian ketik: gpedit.msc
Tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet

2. Maka akan terbuka window group policy, anda buka:
Local Computer Policy-->Computer Configuration-->Administrative Templates-->Network-->QOS Packet Scheduler-->Limit Reservable Bandwidth.
Tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet

3. Langkah selanjutnya anda Double klik pada Limit Reservable bandwidth, Maka akan terlihat secara default settingannya yaitu: "Not configurated", pada kondisi default ini windows mengalokasikan untuk kebutuhan update file system secara online sebanyak 20% bandwith.
Tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet

4. Supaya kecepatan koneksi internetnya bisa meningkat, ubah settingan ke posisi Enable (pilih option Enable), lalu ketik angka 0 pada bandwith limit (%).
Tips untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet

5. Untuk mengetahui hasilnya, restart komputer, kemudian chek perubahankecepatan koneksi internet komputer anda. Apabila tidak terjadi perubahan yang signifikan hingga 20%, anda dapat mengembalikan settingan Limit Reservable bandwidth, ke pengaturan semula ("Not configurated").

ATAU 

Untuk anda pengguna internet yang menggunakan modem (GSM atau CDMA), yang katanya menjanjikan koneksi internet cepat dengan menggunakan teknologi WCDMA, HSDPA, EVDO dll, tapi kalau  kenyataan malah sebaliknya tidak sesuai harapan alias lelet.. mungkin  trik di bawah ini mungkin akan bisa membantu.

Salah satu cara meningkatkan kecepatan koneksi internet yaitu dengan mengoptimalkan setting speed atau kecepatan di modemnya.
Biasanya software untuk koneksi ke internet bawaan modem menggunakan default speed dari modem yang bersangkutan yang biasanya tidak maksimal.


Kalau komputer (Windows) anda sudah pernah dipakai untuk koneksi ke internet menggunakan software bawaan modem, maka di  menu connection secara otomatis akan muncul  setting dialup modem, sesuai dengan profile yang pernah dibuat.


• Klik pada icon network (lihat panah di gambar / Windows 7)
Perhatikan profile dial-up, pilih  mana yang saat ini anda pakai, kalau anda tidak yakin yang mana, lakukan koneksi seperti biasa menggunakan software bawaan modem, kalau sudah tersambung kembali lihat kesini, periksa mana yang statusnyaconnected. kalau sudah ketemu lakukan disconnect kembali, untuk kemudian kita akan melakukan setting speed modem.

• Klik kanan pada koneksi dial-up (pada contoh saya klik kanan pada dialup aha )


• Klik Properties


• Klik Configure, akan muncul jendela Modem Configuration
• Pilih Speed pada angka yang paling tinggi
• Beri Ceklist pada semua Hardware Features, Klik OK.. OK



• Setting speed modem sudah dilakukan, Untuk melakukan koneksi lakukan juga dari sini (bukan dari software bawaan modem)


• Masukkan Username dan Password (sesuai operatornya)  kemudian Klik Dial 


No comments:

Post a Comment