Saturday, November 23, 2013

PERAN DAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA


Melihat pesatnya perkembangan media saat ini, pantaslah jika sekarang masyarakat memiliki tingkat kebutuhan informasi yang sangat cepat. Tidak hanya itu, perkembangan media saat ini juga turut memberikan berbagai opsi kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang beragam. Hal ini pula lah yang mendorong perkembangan sebuah media baru yang dari tahun ke tahun semakin terasa efeknya.


Berbagai perkembangan teknologi dalam media terutama media online sangat terlihat perbedaanya jika dirunut ke lima atau sepuluh tahun lalu. Sekarang tidak hanya bisa menikmati sekedar berita yang disajikan dalam format biasa, para penikmat media online pun bisa mengakses dalam bentuk PDF, koran online, majalah online, video streaming, hingga TV streaming.

Banyak media cetak diluar negeri yang memilih untuk pindah haluan dari percetakan menjadi serba digital. Bahkan banyak media cetak di Amerika sudah menghentikan produksi korannya dan beralih ke format PDF. Alasannya bahkan cukup kuat untuk meyakinkan para pelanggan media cetak mereka bahwa perpindahan dari media konvensional ke media digital ini yaitu untuk menghemat kertas dan pengurangan produksi limbah.
Di Indonesia sendiri sudah banyak website-website berita yang memiliki fasilitas untuk mengunduh file versi PDF dari majalah website tersebut. Tetapi di Indonesia belum ada media cetak yang beralih 100% menjadi media digital.

PERAN JEJARING SOSIAL SEBAGAI NEW MEDIA
Tidak hanya sampai situ, peran media jejaring sosial lambat laun semakin mengembangkan jurnalisme warga atau yang nama kerennya biasa disebut Citizen Journalism. Jurnalis warga memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan kecepatan informasi yang memang sangat dibutuhkan dewasa ini. Bahkan salah satu televisi swasta juga membuat program yang mewadahi jurnalisme warga.

Mulai dari Twitter, Facebook, hingga blog semua dapat digunakan sebagai wadah jurnalisme warga. Peran Twitter dan Facebook saat ini bahkan bukan hanya untuk update status untuk sekedar eksis, tapi juga sebagai media informasi yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. NTMC Polri merupakan contoh institusi yang memanfaatkan keberadaan media jejaring sosial sebagai alat untuk memberikan informasi kepada khalayak.

Banyak website berita yang menawarkan fasilitas pembuatan blog pribadi yang dengan maksud tidak hanya mewadahi para blogger untuk menulis dan memposting tulisan-tulisan karyanya semata tapi juga sebagai wadah untuk mencetak jurnalis-jurnalis warga. Saya percaya bahwa keberadaan blog-blog dari website pemberitaan ini sedikit banyak membantu website tersebut untuk menajamkan pemberitaan yang ada di web tersebut.

Lalu media audio visual juga semakin berkembang dalam kapasitasnya sebagai pemberi informasi. Beberapa website banyak yang menyediakan video streaming bahkan ketika anda membaca berita anda juga dapat sekaligus langsung melihat tayangannya dari video yang berhubungan dengan berita tersebut di satu halaman.

Bahkan keberadaan YouTube sekarang ini juga makin penting sebagai sumber informasi. Sebagai penikmat tayangan YouTube saya cukup menikmati beragam informasi yang diberikan oleh beberapa channel yang saya subscribe. Bahkan dibeberapa sisi/aspek YouTube masih jauh lebih informatif dan mendidik ketimbang program televisi kita yang sejauh ini didominasi oleh tayangan tukang bubur paling terkenal se Indonesia dan ajang pencarian bakat.

Banyak program televisi yang bahkan menggunakan YouTube sebagai sumber utama konten yang mereka sajikan. Apakah akan terjadi pergeseran audiens dari televisi ke media YouTube? Mungkin sulit, tapi buan tidak mungkin akan terjadi. YouTube yang awalnya hanya sebagai media hiburan di dunia maya semata sekarang eksistensinya sudah semakin menanjak seiring keberagaman pilihan informasi yang ada di situs tersebut.

Pemanfaatan Sosial Media yg Beredar saat ini
kata sosial media pun sekarang terkenal oleh berbagai kalangan pun berawal dari “friendster” media sosial dahulu sebelum keluarnya “facebook” dan “twitter” sehingga dari situ lah media sosial itu berkembang di kalangan siapa saja dari yang muda sampai yang tua tujuannya pun sangat beragam dari media sosial. namun media sosial seolah-olah menjadi makanan sehari-hari yang tidak dapat untuk di tinggal dari yg sudah berumur hingga yang masih muda pun mengenal dengan media sosial. awal terkenalnya media sosial saat adanya “facebook” yang berkembang saat ini sakan-akan manusia sudah di racuni oleh sebuah dunia maya yang dapat membuat kecanduan namun di sisi itu sebuah media sosial di munculkan karna mengandung pemanfaatan media sosial yg beredar saat ini
Manfaat Social Media Kita bisa membuat sebuah daftar yang panjang jika berbicara tentang manfaat Social Media. Tapi satu hal yang paling penting adalah, dengan adanya Social Media maka sebuah informasi bisa disampaikan dan tersebar dengan cepat. Social Media juga bisa menjadi sebuah tempat untuk proses pembelajaran bagi para penggunanya.
Bahkan yang sedang menjadi ‘trend topik’ saat ini adalah – Social Media bisa menjadi sebuah alat untuk membentuk dan memperkenalkan personal brand dan juga business brand yang dimiliki kepada orang lain. Para individu dan juga badan badan bisnis mulai melirik Social Media sebagai sebuah kesempatan emas yang murah meriah untuk memperkenalkan ‘sesuatu’ kepada orang lain – mereka para individu mulai giat memperkenalkan apa dan siapa diri mereka kepda orang lain baik itu untuk tujuan pertemanan dan juga untuk tujuan yang bersifat profesional – sedangkan mereka para pengusaha juga mulai giat untuk ber-Social Media guna memperkenalkan dan menawarkan jasa atau produk yang mereka miliki kepada para calon konsumen atau calon pembeli. Tapi tentu saja tidak adil jika hanya bicara tentang keuntungan dari Social Media, karena bagaikan pedang bermata dua – Social Media juga memiliki efek samping yang bisa merugikan

No comments:

Post a Comment